Tips Cara Melindungi Data Penting di Smartphone

Di masa digital, segalanya bisa dikerjakan dengan smartphone. Kenyataannya, smartphone bukanlah lagi sebagai piranti hiburan saja, namun juga piranti yang bisa tersambung dengan keluarga, rekan, serta pekerjaan dimana juga anda ada. Smartphone juga sudah jadi sisi dari sehari-harinya orang-orang, terlebih yang tinggal di lokasi perkotaan. Jadi itu, utama untuk melindungi smartphone anda, terlebih bila beberapa besar aktivitasmu dikerjakan pada piranti mobile. Tetapi, secanggih apa pun itu, smartphone-mu dapat rusak bila jatuh atau terserang air. Jika hal semacam ini berlangsung, anda dapat kehilangan data-data bernilai.

shutterstock_89165911

Bukanlah tanpa ada jalan keluar, anda bisa menghadapi peristiwa itu dengan tahu beberapa hal di bawah ini. Apa sajakah? Sedetailnya simak penjelasannya di bawah ini :

1. Data Hilang, Mesti Bagaimana?
Tidak butuh cemas, anda bisa memulihkan atau kembalikan data-datamu yang hilang dengan coba sebagian aplikasi di Play Store atau Apps Store. Walau dengan cara fisik smartphone-mu rusak, anda bisa memulihkannya lewat pilihan lain, yaitu system pemulihan data di pirantimu.

2. Gunakan Eksternal Hard Disk
Lakukan selalu untuk menaruh data cadangan (back up) terkecuali di smartphone anda. Umpamanya, di hard disk eksternal. Untuk pemakai iPhone, anda bisa mem-back up semua datamu lewat Time Machine, satu perangkat lunak iOS. Time Machine bakal memulihkan datamu. Untuk Android, anda dapat mentransfernya ke PC dengan memakai kabel data atau memasukkan memory card. File itu bisa disimpan di computer atau hard disk eksternal. Baiknya, file disimpan di hard disk eksternal daripada di computer hingga tak menggunakan banyak ruangan memori.

3. Pakai Service Cloud
Terdapat beberapa service Cloud yang bisa anda pakai untuk menaruh data cadangan dengan cara automatis. Umpamanya, Dropbox serta Google Drive. Dua service gratis itu, aplikasinya bisa didownload di App Store atau Google Play. Langkah kerjanya sama, yaitu automatis mem-back up datamu ke Cloud lalu tersimpan ke akunmu. Diluar itu, ada langkah gampang yang lain bila anda menginginkan kembalikan data dari Google Drive atau Dropbox ke smartphone barumu, yaitu menyinkronkan akun Cloud ke akun di smartphone-mu. Tetapi, yakinkan anda mempunyai banyak ruangan di smartphone, mengingat aplikasi ini cukup mengonsumsi memori.

Apa pun cara yang anda tentukan, membuat perlindungan memori serta data di smartphone yaitu hal yang begitu utama.

Iklan